Sabtu, 26 Mei 2012

Parrot AR Drone - Mainan Yang Menggunakan Sistem Operasi Linux


Penggila aeromodelling dan penggemar mainan remote control tentu suda tahu apa itu AR Drone. Mainan R/C sederhana yang dikontrol oleh ponsel iOS dan Android ini memiliki sejumlah fitur yang menggiurkan. Bukan sekedar sebagai R/C helicopter berbaling-baling 4 yang diterbangkan ke sana ke mari, namun juga menggabungkan sejumlah kemampuan visual, serta augmented reality.
Beberapa orang menyebutnya bermain game secara nyata. Dimana Anda bermain game pesawat terbang dengan benar-benar menerbangkan pesawat model via control jarak jauh. Jika dalam game Anda bisa restart ketika terhempas ke tanah, maka dengan AR Drone, Anda mungkin membutuhkan waktu untuk menerbangkannya kembali ke medan perang.
Mainan ini memiliki otak berupa gabungan dari processor ARM9 468MHz, RAM 128MB dan system operasi Linux. Dilengkapi pula oleh antenna WiFi 802.11 b/g, sebuah akselerometer 3 axis, sebuah 2-axis gyrometer, dan sebuah single-axis yaw gyrometer dengan presisi tinggi. Sudah cukup lengkap untuk bergerak ke segala arah sesuai dengan keinginan kita.
Berbeda dengan mainan R/C lain, Drone tidak dikontrol dengan remote control konvensional. Melainkan melalui sebuah aplikasi iOS atau Android. Dengan kata lain, Anda akan membutuhkan ponsel iPhone/iPad atau ponsel-ponsel berbasis Android untuk menjalankannya.
Bisa jadi, AR Drone adalah mainan remote control yang sangat mahal untuk Anda jika Anda menyertakan ponsel Android dan iPhone 4 ke dalam daftar belanja.
Aplikasi-aplikasi iOS dan Android yang disediakan pihak Parrot sebagai pengembang mainan ini disediakan dalam bentuk game-game yang bertema menarik. Menawarkan penglaman berbeda ditiap aplikasi yang ditawarkan. Semisal Free Flight untuk kepentingan casual dan penerbengan dengan tantangan yang tidak spesifik, lalu ada AR FlyingAce untuk melakukan perang multiplayer dengan pengguna Drone lain, serta AR. Race sebagai aplikasi balapan.
Karena ukurannya yang cukup lebar, Anda akan butuh tempat yang luas untuk memainkannya.




Spesifikasi:Dimensi: 52,5 x 51,5 cm (with Hull), 45 x 29 cm (with no Hull); Berat: 380 g (with outdoor Hull), 420 g (with indoor Hull); Sistem operasi: Linux OS; Processor: ARM9 468MHz; RAM: DDR 128 MB; Konektifitas: WiFi 802.11 b/g, USB; Baterai: UL2054 (12 menit terbang); Requirement: iPhone/iPod/iPad iOS 4 ke atas, ponsel Android;















Sumber: Majalah Mobile Guide Edisi 54 Oktober 2011

0 komentar

Posting Komentar